- Back to Home »
- Empat Pilar NLP , NLP Neuro-linguistic programming , NLP Practitioner , Strategy , TOTE »
- 032: T.O.T.E (Test Operate Test Exit) Strategy
Posted by : Excellence Manufacturing Practices
Wednesday, 23 April 2014
T.O.T.E
(Test, Operate, Test, Exit) Strategy
T.O.T.E model dikembangkan oleh tiga orang ilmuawan yang berbeda
disiplin: George Miller, Eugene Galanter dan Karl H Pribram. TOTE model ini
dibahas dalam buku mereka yang berjudul: ‘Plans and the Structure of
Behaviour’, diterbitkan pada tahun 1960.
T.O.T.E = Test, Operate, Test, Exit; adalah siklus langkah yang
didasarkan pada Computer Modelling.
Pada 1960, pengetahuan psikologi didominasi oleh bahasan tentang
perilaku dan teori pembelajaran, yang menekankan pengamatan pada proses stimulus
dan komponen respon perilaku manusia dan binatang, sementara mengabaikan proses
kognitif yang memediasi hubungan antara stimulus dan respon. Dalam buku ini,
Miller dan rekan-rekannya berusaha untuk menyatukan teori pembelajaran dan
perilaku. Mereka menamakan unit pemersatu ini Model Strategi, TOTE; Mekanisme
kontrol diri dalam ‘human tasking’ dijelaskan dengan baik dari segi operasi dan
proses pemantauan. Setiap operasi berulang akan terkait dengan proses
monitoring , untuk menguji apakah kontrol dimaksudkan cocok dan sesuai atau
tidak.
Premisnya adalah bahwa algoritma umum untuk memecahkan masalah non
- deterministik dalam sistem yang kompleks, adalah untuk menguji sistem saat
ini, dan kemudian melakukan beberapa operasi untuk membuat perubahan, kemudian
tes ulang, dan berulang sampai jawabannya adalah memuaskan dan sesuai dengan
yang diharapkan, dan proses tersebut berakhir dan keluar dari model strategi
tersebut.
Generik dari struktur T.O.T.E adalah:
(1) TEST untuk mendapatkan beberapa perwakilan dari ‘Problem State’
(2) OPERATION dalam mengintervensi beberapa cara dengan mengakses data
(3) TEST ulang untuk melihat apakah hasil yang diinginkan telah
tercapai. Jika belum, loop kembali untuk berOPERASI
(4) EXIT ketika tujuan tercapai dan masalah dapat dipecahkan
T.O.T.E banyak digunakan dalam berbagai disiplin ilmu di mana
mereka mempergunakan metode iteratif, seperti bidang teknik, kecerdasan buatan,
dan cybernetics. Dalam psikologi, secara eksplisit digunakan sebagai strategi
kunci dalam pemrograman neuro - linguistik.
Prinsip konsep dari T.O.T.E adalah berikut:
(1) Perencanaan, terdiri dari unit T.O.T.E, sangat penting dalam
proses kognitif .
(2) Pengendalian perilaku dengan memperlihatkan satu set potongan dan
T.O.T.E unit
Namun, salah satu kelemahan model ini adalah bahwa hal itu tetap
dan statis, tidak dinamis. Tindakan yang ada terhadap lingkungan selalu sesuai
dengan rencana yang sama. Hal ini menciptakan sebuah loop yang tak terbatas.
Berikut ini adalah contoh sederhana T.O.T.E: Ketika Anda mengemudikan
mobil dan mencari cara yang tepat untuk berhenti.
·
TEST: Berhenti? è Jawab: Tidak.
·
OPERATION: Tetap mengemudi.
·
TEST: Berhenti? è Jawab: Tidak.
·
OPERATION: Tetap mengemudi.
·
TEST: Berhenti? è Jawab: YA!
·
EXIT: Strategy Selesai.
ini hanya untuk menemukan saat yang benar
untuk berhenti, dan ketika benar, maka mobil berhenti dan T.O.T.E strategi
dihentikan.
Model ini menunjukkan bahwa ketika Anda tahu bahwa Anda
menginginkan sesuatu, Anda akan menjalankan strategi sampai Anda benar-benar
mencapai tujuan Anda.
·
TEST: Anda memeriksa, apakah sebuah strategi bekerja menghasilkan
sesuatu?
·
EXIT: Jika strategi bekerja dan Anda beroleh hasil.
Bila strategi tidak beroleh hasil?
o
Uraikan strategi klien menjadi
uraian lebih rinci, langkah demi langkah.
o
Apa yang menjadikannya tidak
menghasilkan atau bekerja dengan baik?
o
Apa yang tidak dilakukan? Apa
yang salah?
o
Ambil strategi yang sudah bekerja
dengan baik dalam konteks lain dan menerapkannya untuk menyelesaikan masalah
tersebut.
·
OPERATION: Anda memperbaiki tindakan Anda.
·
TEST: Pengujian Anda menunjukkan bahwa Anda telah
berhasil.
Contoh T.O.T.E pada sebuah aktivitas membuat Ayam panggang:
Periksa Ayam panggang = belum matang.
Membiarkan proses memanggang.
Periksa Ayam panggang = Ya, matang.
Keluarkan kue dari panggangan, selesai.
Bagaimana penerapan T.O.T.E Stategi dalam NLP?
1.
TEST pertama adalah trigger atau pemicu untuk mendapatkan pentujuk
sehingga sebuah Strategy menginginkan sebuah goal dimulai. Apakah goal tersebut
memenuhi semua kriteria? Pemicu ini menetapkan kriteria "bergerak
maju" dan menggunakan perbandingan untuk TEST kedua.
Contoh:
W: Apakah
Anda sudah menemukan Goal dan asosiasinya? [TEST#1]
X: Ya,
Goal saya. Berbicara dengan lancar di depan kelas pelatihan.
2.
OPERATION dengan menggali informasi dan mengakses
atau mengingat data, membuat, atau mengumpulkan informasi yang diperlukan oleh
Strategi dari dunia internal atau eksternal.
Contoh:
W: Okey,
bila sudah. Bagus. Sekarang pelan-pelan masuklah ke dalam gambar dan
rasakan apa yang Anda lihat.
[OPERATION]
X: Baik.
Saya sudah mendapatkan gambar pelatihan dan saya bisa merasakannya.
W: Apa
yang Anda miliki dan kuasai? Apakah Anda akan memodifikasinya? Meniru
model tertentu? Mengubahnya? Atau
mengembangkan yang telah Anda miliki?
X: Saya
akan memodifikasi dan mengembangkannya.
3.
TEST kedua adalah perbandingan beberapa aspek dari data yang diakses
dengan kriteria yang ditetapkan oleh tes pertama. Dua hal dibandingkan dengan
diwakili dalam Sistem Representasi
yang sama.
Contoh:
W: Apakah
Anda nyaman dengan cara baru yang Anda miliki? Apakah Anda bisa
membandingkannya? Apakah sekarang
Anda sudah merasa senang? Apakah cara
yang lama dan baru mempergunakan
representative system yang sama? [TEST#2]
X: Ya,
benar.. pak Wang.
4.
EXIT, atau disebut Titik Keputusan (decision point), atau memilih, merupakan representasi dari hasil
tes. Jika ada cocok maka keluar dari Strategi. Jika ada ketidakcocokan, maka Strategi
berbalik mengulangi ke langkah OPERATION.
Strategi berbalik mengulangi ke langkah
OPERATION, jika:
·
Meninjau ulang sasaran goal
‘outcome’ atau strategi untuk mencapainya.
·
Mengubah Kriteria, Chunking
lateral atau Orientasi berbeda.
·
Menjernihkan atau menentukan
hasil yang lebih spesifik.
·
Memerlukan akses data yang lebih
banyak.
Contoh:
W: Okey.
Bila Anda sudah merasa nyaman. Dan hasilnya sudah sesuai dengan yang Anda
harapan, hentikan sekarang dan keluar dari strategi tersebut. [EXIT]
Bila tidak maka lakukan siklus ulang ke
OPERATION. [ReCYCLE Strategy]